Cara Mematikan Komputer dengan Timer


Shutdown Otomatis
Pada artikel ini saya akan membahas bagaimana cara untuk mematikan komputer dengan timer atau dengan waktu yang kita tentukan. Sebenarnya tidaklah sulit caranya, namun banyak diantara kita yang tidak tahu bahwa komputer ternyata bisa dimatikan dengan waktu yang telah kita tentukan.

Tutorial kali ini setidaknya bisa membantu anda yang sedang bekerja pada komputer. Misalnya saat kita mendownload sesuatu dengan ukuran besar pada malam hari terkadang kita ketiduran saat file yang kita download selesai sehingga kita lupa untuk mematikan komputer kita. Hal ini bisa menjadi faktor penyebab rusaknya komputer, tidak baik bila komputer terus beroperasi dalam jangka waktu yang lama kalau komputer kita spesifikasinya kurang mumpuni.

Tentunya tips ini juga mengajarkan kita untuk berhemat energi, membiarkan komputer kita hidup tanpa kita gunakan tentunya juga dapat menyebabkan pemborosan listrik. Sehingga biaya yang anda keluarkan perbulan pun jadi bertambah. ( Bahasanya sampai keluar topik dong haha...)

Bagaimana sih caranya?
  1. Buka jendela Run. Anda bisa mencarinya pada Start Menu -> Accesories -> Run atau bisa dengan menggunakan tombol pintas dari keyboard yaitu dengan menekan tombol Windows + R. Tombol windows itu bentuknya yang ada logo Microsoft sobat terus kita tekan tombol R (tekannya harus bareng) nanti akan keluar jendela Run
    Jendela Run
    Tampilan Jendela Run
  2. Kemudian anda ketikkan " Shutdown -f -s -t 3600 ". Disini angka 3600 adalah waktu yang kita tentukan agar komputer tersebut otomatis shutdown pada waktu tersebut, 3600 merupakan satuan detik, anda bisa merubahnya sesuai dengan kebutuhan anda. Contoh jika anda ingin komputer anda otomatis shutdown ketika 2 jam, maka anda harus mengganti angka 3600 dengan 7200, tinggal dikali 2 aja kan 3600 x 2 = 7200, 7200 = 2 jam.
  3. Lalu tekan OK. Akan ada notifikasi dilayar desktop anda seperti gambar dibawah ini :
    Perintah
    Dari sini kita dapat mengetahui bahwa komputer kita akan mati pada 1 jam yang akan datang karena saya memberi peritnah "Shutdown -f -s -t 3600" pada jendela Run
  4. Perintah ini bisa anda batalkan dengan mengetikan " Shutdown -a " pada jendela Run. Jadi ketika kita mengetikan jendela Run pertintah " Shutdown -f -s -t 3600 " akan otomatis dibatalkan, sehingga timer yang kita setel tadi akan batal dan komputer kita tidak akan mati otomatis. Akan ada pembertitahuan "log off is cancelled" itu menunjukkan bahwa kita batal mentimer komputer kita.
Sekian pembahasan bagaimana Cara Mematikan Komputer dengan Timer, semoga bisa membantu aktivitas anda. Jika anda bingung silahkan tinggalkan komentar pada artikel ini, barangkali saya bisa membantu ada. 


0 Response to "Cara Mematikan Komputer dengan Timer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel