Mempercepat Loading Android dengan Opsi Pengembang

Terkadang kita jengkel ketika handphone kita lemot saat kita berganti aplikasi dari aplikasi satu kelainnya. Sedikit tips tentang meningkatkan performa android bisa dilakukan dengan mengaktifkan metode pengembang. Opsi pengembang berguna agar kita memiliki akses yang lebih bebas kepada android kita. Melalui Opsi ini kita bisa  melakukan rooting, flashing, mempercepat skala animasi, dan lain-lain.

Mempercepat skala animasi juga dapat meningkatkan kecepatan android anda saat anda membuka aplikasi maupun menutup aplikasi. Intinya skala animasi ini adalah yang mengatur tampilan pada android. 

Bagi para pengguna android tampilan animasi sangat enak dipandang jika handphone anda memiliki spesifikasi yang cukup memadahi. Sebaliknya, jika anda memiliki handphone yang mempunyai spesifikasi yang rendah maka tampilan animasi akan membuat handphone anda lag atau lemot ketika anda membuka aplikasi, menutup aplikasi, dan berganti dari aplikasi satu kelainnya.

Menghilangkan atau memperkecil skala animasi bisa juga membuat handphone anda menjadi cepat dalam membuka skala animasi. Bagaimana caranya? Cukup mudah, anda mengaktifkan opsi pengembang pada handphome anda. Akses opsi pengembang ini hanya tersedia untuk androd Lolipop ke atas jika android anda dibawah versi itu maka anda tidak bisa mengatur skala animasi yang ada di hanphone anda. Bagaimana cara mengaktifkannya?

Mengaktifkan Opsi Pengembang
  1. Masuk pada pengaturan Android anda.
  2. Buka Tentang Ponsel.
    Tentang Ponsel
  3. Pilih Informasi Perangkat Lunak.
  4. Ketuk "Nomer Versi" atau "Nomer Bentukan" atau "Build Number" sebanyak 7x maka akan muncul pemberitahuan Anda menjadi Pengembang.
    Nomer Versi
  5. Masuk kedalam Opsi Pengembang dan Aktifkan.
    Opsi Pengembang
  6. Ganti Skala Animasi Jendela menjadi 0.5x, Skala Animasi Transisi 0.5x, Skala Durasi Animator 0.5x.
    Skala AnimasiSkala Animasi
  7. Kemudian kembali ke tampilan depan handphone anda dengan menekan tombol Home. Ada baiknya jika anda merestart  handphone anda untuk memastikan bahwa setelan animasi tersebut benar-benar berubah dan berjalan baik pada handphone anda
Apa Skala Animasi Jendela?
Merupakan kecepatan animasi jendela pada android, semakin kecil angka yang anda rubah maka semakin cepat waktu yang dibutuhkan android anda untuk mengoperasikan aplikasi yang ada dijendela android anda

Apa Skala Animasi Transisi?
Merupakan kecepatan transisi pada animasi android. Contoh : jika anda membuka aplikasi facebook lalu anda berganti ke aplikasi instagram maka durasi kecepatan transisi akan berkurang. Intinya android anda memiliki respon cepat ketika anda berganti aplikasi

Apa Skala Durasi Animator?
Merupakan pengaturan yang digunakan untuk mengatur durasi animasi ketika kita mengoperasikan sebuah aplikasi. Jadi ketika kita membuka instagram pada handphone spesifikasi yang kuran akan lama, itu disebabkan karena besarnya angka skala durasi animator, untuk mengatasinya anda bisa menurunkan durasi skala animator anda.

Jadi jika anda mengecilkan nilai skala animasi maka semakin cepat animasi bekerja pada android anda. Anda bisa menonaktifkan skala animasi dengan memilih opsi tidak diaktifkan atau animasi mati. Namun, android anda tidak akan menampilkan efek animasi sama sekali, lebih baik cukup mengurangi durasi animasinya menjadi 0.5x. Pengaruh dari perubahan ini adalah android menjadi lebih cepat ketika mengakses aplikasi, menutup aplikasi dan berganti aplikasi. 

Sekian dari tutorial Meningkatkan Performa Android dengan Opsi Pengembang. Semoga bisa mempercepat loading hanphone anda.

0 Response to "Mempercepat Loading Android dengan Opsi Pengembang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel